1. Secara bahasa waqaf berarti a. bersuara c. berdengung b. berhenti d. terus
semogga adik - adik ku mendapatkan nilai yang memuaskan dari pembahasan yang kakak berikan ini, selamat mengerjakan.
Baca juga:
1. Secara bahasa waqaf berarti.....
a. bersuara c. berdengung
b. berhenti d. terus
kunci jawaban b
2. Kebiasaan atau adat istiadat yang dilakukan turun temurun oleh
masyarakat, dan di dalamnya mengandung ajaran-ajaran Islam . . . .
a. harus berhenti
c. boleh berhenti boleh terus
b. dilarang berhenti
d. berhenti sejenak tanpa nafas
kunci jawaban b
3. merupakan tanda waqaf . . . .
a. jaiz tasawi c. saktah
b. jaiz ka! d. jaiz hasan
kunci jawaban d
4. Apabila menjumpai tanda waqaf jaiz tasawi maka . . . .
a. boleh berhenti, boleh diteruskan c. berhenti lebih utama
b. terus lebih utama d. harus diteruskan
kunci jawaban a
5. Orang yang mulia dihadapan Allah Swt. adalah yang paling . . . .
a. pandai c. kaya
b. bertakwa d. tampan
kunci jawaban b
6. Arti potongan ayat berikut ini: adalah . . . .
a. bersuku-suku c. ketakwaan kepada Allah Swt.
b. agar saling membantu d. supaya kalian saling mengenal
kunci jawaban d
7. Arti potongan ayat berikut ini: adalah . . . .
a. paling mulia di antara kalian
b. bersuku-suku dan berbangsa-bangsa
c. supaya kalian saling mengenal
d. paling beriman di antara kalian
kunci jawaban a
8. Antara seorang mukmin dengan mukmin yang lainnya adalah bagaikan . . . .
a. satu barisan yang rapi dan saling bekerja sama
b. satu pakaian yang coraknya beragam
c. satu bangunan yang saling menguatkan
d. satu rangkaian tali yang saling menguatkan
kunci jawaban c
9. Sikap yang tepat kepada sesama mukmin adalah . . . .
a. Saling menolong supaya mendapat pujian
b. Saling membantu supaya dianggap anak saleh
c. Saling bekerja sama untuk berbuat jahat
d. Saling menghormati dan menghargai
kunci jawaban d
10. Apabila pembaca mendapati tanda waqaf saktah maka . . . .
a. ia harus berhenti
b. ia harus berhenti sejenak, tanpa mengambil nafas
c. Ia boleh berhenti boleh diteruskan
d. Ia harus terus, tidak boleh berhenti
kunci jawaban a
masyarakat yang adil dan makmur dalam limpahan rahmat Allah Yang Mahakuasa. Hadirin yang berbahagia, (5) Bagi para pemuda dan pelajar yang kini sering menyandang predikat sebagai generasi penerus bangsa, sudah sewajarnya jika pada masa-masa sekarang mempelopori semangat persatuan yang dahulu pernah diwujudkan dalam sumpah pemuda. Jangan sampai api persatuan itu padam lantaran kita tenggelam dalam kemelut perselisihan ataupun terlena dalam menekuni kepentingan pribadi. (6) Sesungguhnya menghidupkan semangat persatuan da
n kekompakan, termasuk upaya kita dalam mensyukuri n
ikmat Allah. Rasa syukur tersebut kita tingkatkan lagi dengan menjalankan berbagai amal kebajikan, terutama dengan mengajak semua generasi muda Indonesia untuk lebih giat beribadah kepada Allah sesuai dengan bidang masing-masing. Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat. (7) Demikianlah, semoga semangat persatuan yang tecermin dalam Sumpah Pemuda tetap dapat kita warisi untuk dijadikan moda perjuangan membela bangsa dan negara. (Ahmad Sunarto, 1991 dengan beberapa penyesuaian). 182 Kelas VIII SMP/MTs B. Menyimpulkan Isi Teks Persuasi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menyimpulkan isi saran, ajakan, arahan, pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual dari teks persuasi (lingkungan hidup, kondisi sosial, dan/atau keragaman budaya)
yang kamu dengar dan kamu baca. 1. Simpulan Isi Teks Persuasi Simpulan adalah rumusan akhir tentang sesuatu (misalnya, teks). Simpulan disusun berdasarkan pemahaman atau penalaran kita terhadap keseluruhan isi teks itu. Karena isi teks persuasi berkenaan dengan ajakan, kesimpulan untuk tersebut tidak jauh dari jawaban atas pertanyaan
"Mengajak apa teks persuasi itu?" Sebagai contoh, perhatikan kembali cuplikan teks berikut! Menurut para ahli kesehatan, hal umum yang menyebabkan orang mengalami gangguan pencernaan, antara lain, pola makan tidak teratur dan sering terlambat makan. Mereka pun kurang mengonsumsi sayur dan buah; juga kurang memperhatikan gizi makanan. Salah satu upaya menjaga saluran pencernaan agar tetap sehat, makanlah dengan pola makan sehat dan seimbang. Teks tersebut berisi bujukan kepada para pembaca untuk membiasakan pola makan sehat dan seimbang.
Kita bisa membuat simpulan tentang cuplikan teks tersebut yakni bahwa agar kita tidak mengalami gangguan pencernaan, kita harus makan dengan pola makan sehat dan seimbang. Berikut contoh teks lainnya. Betapa sulitnya seorang pecandu rokok untuk menghentikan kebiasaan merokoknya. Seberapa mahal pun harga rokok tidak dapat menghentikan mereka. Misalnya, di Malaysia, harga 20 batang rokok dapat setara dengan lima persen pendapatan buruh kasar. Di Sha
nghai, Cina, petani dan perokok menghabiskan uang untuk membeli rokok lebih banyak daripada yang dipakai untuk membeli gandum, daging, dan buah-buah sebagai kebutuhan utama mereka. Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda. Simpulan untuk cuplikan teks tersebut adalah kita harus menghentikan kebiasaan merokok agar tidak menjadi kecanduan. 183 Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia Kegiatan 7.3 A. Jawablah! 1. Apa yang dimaksud dengan simpulan? 2. Bagaimana cara merumuskan kesimpulan untuk teks persuasi? B. Apa simpulanmu tentang isi dari cuplikan-cuplikan teks di ba
wah ini? 1. Dalam menyambut Hari Sumpah Pemuda, kita harus bisa mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Salah satu hikmahnya adalah semangat persatuan. Bangsa Indonesia yang pada waktu itu sedang menghadapi penjajah Belanda perlu bersatu untuk menghadapinya secara bersama-sama. Karena itulah disepakati bersama untuk mengucapkan ikrar sebagai kebulatan tekad di dalam mengusir penjajah Belanda yang selama itu telah memorak-porandakan kehidupan bangsa. 2. Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita.
Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang ualitas dan reproduksi bagi remaja. Cuma, kemajuan teknologi (termasuk
internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke perbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati sekali dan ekstra waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi. Teks Simpulan 1 2 184 Kelas VIII SMP/MTs 2. Langkah-Langkah Penyimpulan Teks Persuasi Pada pelajaran sebelumnya, kamu telah dapat merumuskan simpulan untuk beberapa teks persuasi. Adapun langkah-langkah sistematis untuk merumuskan simpulan seperti itu sebagai berikut. a. Membaca keseluruhan isi teks. b. Mencatat bagian-bagian penting dari isi teks itu. c. Memahami hubungan logis antarbagian penting teks itu. d. Merumuskan simpulan isi teks secara ringkas dan jelas. Membaca keseluruhan teks Mencatat bagian-bagian penting Memahami hubungan logis antarbagian teks Merumuskan simpulan akhir t …FOFNVLBO gagasan umum teks t oJ BXBMKEJ BLIJS paragraf t tVCVOHBO kualitas t 3JOHLBT t wFMBT Lang
kah-Langkah Merumuskan Simpulan Teks Persuasi Kegiatan 7.4 A. 1. Bacalah kembali teks yang bertopik perlunya peringatan Hari Sumpah Pe
muda pada pelajaran sebelumnya. 2. Jawabah soal-soal berikut! a. Apa fakta penting yang dinyatakan dalam paragraf pertama? b. Apa pendapat penting yang dinyatakan dalam paragraf kedua? c. Tunjukkan pula pendapat penting yang ada pada paragraf ketiga! 185 Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia EJ lEBLBI QFOEBQBUKGBLUB QFOUJOH QBEB QBSBHSBG LFFNQBU EBO kelimanya? e. Dalam paragraf keenam ada pernyataan seperti berikut, "Dengan demikian, citra pemuda semakin harum di masyarakat". Apakah pernyataan itu bisa dikatakan sebagai pendapat penting? Jelaskan alasan-alasannya! B. 1. Secara berkelompok, rumuskan simpulan untuk teks bertopik tentang perlunya peringatan Hari Sumpah Pemuda! 2. Rumuskan simpulan itu berdasarkan langkah-langkah yang telah kita pelajari sebelumnya! Pendapat/Fakta Penting Simpulan a. . . . . b. . . . . c. . . . . d. . . . . e. . . . . f. . . . . 3. Bacakan hasil diskusi k
elompokmu itu di depan kelompok lainnya! 4. Mintalah mereka untuk memberikan tanggapan-tanggapan dengan berdasarkan as
pek-aspek berikut! a. Kesesuaian dengan teks asal b. Kelogisan dalam perumusan; dan c. Keefektifan dalam penggunaan kalimat-kalimatnya. Nama Penanggap Aspek Tanggapan Kesesuaian Kelogisan Keefektifan 186 Kelas VIII SMP/MTs C. Menelaah Struktur dan Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi Setelah mempelajari materi ini, kamu diharapkan mampu: Menelaah struktur dan aspek kebahasaan teks persuasi yang berupa saran, ajakan, dan pertimbangan tentang berbagai permasalahan aktual dari berbagai sumber yang kamu dengar dan baca. 1. Struktur Teks Persuasi Perhatikanlah contoh teks persuasi dalam bentuk utuh tentang peringatan
Sumpah Pemuda pada pelajaran terdahulu. Teks tersebut dibentuk oleh beberapa bagian, yang antarbagiannya disusun secara sistematis dan saling berhubungan. Teks itu diawali dengan pengenalan isu, diikuti dengan p
aparan sejumlah argumen. Setelah itu, dinyatakan ajakan-ajakan, yang diakhiri dengan dengan penegasan kembali. a. Pengenalan isu, yakni berupa berupa pengantar atau penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraannya itu. b. Rangkaian argumen, ZBLOJ CFSVQB TFKVNMBI QFOEBQBU QFOVMJTKQFNCJDBSB terkait dengan isu yang dikemukakan pada bagian sebelumnya. Pada bagian ini dikemukakan pula sejumlah fakta yang memperkuat argu
men- argumennya itu. c. Pernyataan ajakan, yakni sebagai inti dari teks persuasi yang di dalamnya EJOZBUBLBO EPSPOHBO LFQBEB QFNCBDBKQFOEFOHBSOZB VOUVL NFMBLVLBO sesuatu. Pernyataan itu mungkin disampaikan secara tersurat ataupun tersirat. Adapun kehadiran argumen berfungsi untuk mengarahkan dan memperkuat ajakan-ajakan itu. d. Penegasan kembali atas pernyataan-pernyataan sebelumnya, yang biasanya ditandai oleh ungkapan-ungkapan seperti demikianlah, dengan demikian, oleh karena itulah. Pengen
alan Isu Ajakan-ajakan Rangkaian Argumen t 1FOEBQBUIQFOEBQBU t rBLUB Penegasan kembali t 4JNQVMBO t 3BOHLVNBO Struktur Teks Persuasi 187 Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia Kegiatan 7.5 A. 1. Bacalah teks di bawah ini dengan baik! 2. Secara berdiskusi, petakanlah struktur teks tersebut dengan jelas dan tepat! Struktur Teks Persuasi Paragraf Alasan a. Pengenalan isu b. Rangkaian argumen c. Ajak
an-ajakan d. Penegasan kembali Internet dan HAKI (1) Teman-teman sekalian, jujur saja, kita memang belum bisa terbuka membicarakan soal dan kesehatan reproduksi. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke jalan yang salah. Nah, lewat situs-situs tertentu di internet, beragam informasi yang kita butuhkan bisa kita dapatkan. (2) Kalau di bidang hukum, HAKI adalah singkatan dari hak atas kekayaan intelektual. Ini ada kaitannya dengan perlindungan dan penggunaan hak cipta. Akan tetapi, HAKI yang akan kami bahas
sekarang merupakan singkatan dari hak-hak reproduksi. Wah, bosan ya, bolak-balik mengupas masalah yang satu ini? Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan. (3) Dari sepuluh itu, salah satunya adalah mendapatkan informasi yang tepat mengenai reproduksi remaja. Supaya kita bisa tahu dan bisa menentukan pilihan atas diri dan kesehatan reproduk
si kita. Nah, yang paling penting nih, kita bisa bertanggung jawab atas pilihan tadi sehingga tidak akan menyesal di kemudian hari. (4) Sudah menjadi rahasia umum, kalau ada sepasang kekasih yang terjerumus melakukan hubungan ual sebelum menikah. Peristiwa itu terjadi karena mereka tidak tahu cara mengontrol diri dan mengabaikan ajaran agama. Mereka juga tidak tahu cara menghindari diri dari perbuatan itu. Akibatnya, mereka menyesal, lalu terpikir untuk aborsi. Seram, kan? Itu hanya salah satu contoh akibat ketidakpedulian kita atas hak kita untuk mendapatkan informasi yang 188 Kelas VIII SMP/MTs benar tentang diri, ualitas, p
ermasalahan reproduksi remaja lain, dan tentu saja karena lemahnya iman pada diri mereka. (5) Bersyukurlah sekali kalau orang tua kita berbaik hati mau berbagi dan terbuka sama kita tentang apa saja yang kita ta
nyakan sama mereka. Masalahnya, buat orang tua juga ternyata tidak segampang itu membicarakan soal , reproduksi remaja, dan berbagai isu lain. (6) Nah, untungnya kita sudah akrab dengan teknologi internet. Media ini memungkinkan kita untuk mencari informasi semua kebutuhan kita. Banyak situs di internet yang menyediakan berbagai informasi tentang ualitas dan reproduksi bagi remaja. Hanya saja kemajuan teknologi (termasuk internet) biasanya bagai pisau bermata dua: dia bisa bersifat sebagai teman alias penyedia informasi yang tepat, tapi bisa juga sebagai devil advocate, teman yang malah justru menjerumuskan kita ke p
erbuatan yang tidak baik. Nah! Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi. (7) Selamat berakrab-akraban dengan internet. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Internet dapat dijadikan teman setia dalam menjalani hidup ini. Kita tidak tertipu apalagi terjerumus pada hal-hal yang merugikan diri sendiri dan juga dilarang oleh agama. (Sumber: Roellya Ardyaning Tyas dan Cha
tarina Wahyurini dalam Kompas) 2. Kaidah Kebahasaan Teks Persuasi Perhatikan kembali contoh-contoh teks eksposisi pada bagian terdahulu. Pada teks "Internet dan HAKI", misalnya, kaidah kebahasaan yang berfungsi sebagai penanda utama teks itu adalah terdapatnya penyataan-pernyataan yang mengandung ajakan, dorongan, bujukan, dan sejenisnya. Berikut contohnya. 1. Padahal, itu penting sekali buat kita ketahui supaya tidak terjerumus ke
jalan yang salah. 2. Sekadar mengingatkan saja, sebagai remaja kita punya sepuluh hak reproduksi yang sepantasnya kita pertahankan. 3. Sekali lagi kita harus hati-hati dan waspada dengan situs-situs yang akan kita kunjungi. 189 Kelas VIII SMP/MTs Bab 7 Bahasa Indonesia 4. Jadikanlah wahana yang satu ini sebagai penambah wawasan. Pernyataan-pernyataan tersebut berupa, bujukan ditandai dengan menggunaan kata penting, harus, sepantasnya, dan kata kerja imperatif jadikanlah. Kata-
Posting Komentar untuk "1. Secara bahasa waqaf berarti a. bersuara c. berdengung b. berhenti d. terus"
Berkomentarlah sesuai dengan topik bahasan.