Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Recount Text - Pengertian, Generic Structure, Contoh Recount

Recount text adalah sebuah jenis teks yang menceritakan tentang sebuah cerita, tindakan, atau kegiatan. ... Biasanya, recount text menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Jika dalam pelajaran bahasa Indonesia kita mengenal teks deskripsi, teks ulasan dan lain sebagainya, maka sama halnya dengan yang ada pada pelajaran bahasa Inggris.

Jenis text dalam bahasa inggris juga beragam dimana salah satunya adalah recount text. Teks ini menceritakan tentang suatu tindakan atau cerita. Biasanya juga menceritakan tentang pengalaman seseorang. Akan jauh lebih mudah untuk memahami jika Anda mengetahui contoh recount text langsung. Teks jenis ini bertujuan untuk menghibur pembaca dan memang tidak terdapat konflik di dalamnya.

Contoh Recount Text dan Strukturnya

Contoh Recount Text

Pada bulan September lalu, aku liburan ke Pulau Pari. Bersama dengan Sarah, Eveline, Andi dan Yoko, menghabiskan waktu disana sangatlah menyenangkan dan menjadi moment yang pertama kali.

Perahu yang kami tumpangi berangkat pada pukul 08.00 pagi dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari. Setibanya disana pukul 10.00 pagi, kami memutuskan untuk pergi ke penginapan. Untungnya letak penginapan berada di dekat pelabuhan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai disana.

Ketika aktivitas snorkeling, ada nelayan yang menjadi pemandu membawa kami ke pantai yang jaraknya cukup jauh dari penginapan dan airnya memang sangat jernih untuk snorkeling. Ada ikan-ikan kecil dan karang yang terlihat begitu indah. Waktu yang dibutuhkan snorkeling kurang lebih tiga jam dan kami kembali ke penginapan.

Sementara di hari kedua, kami bangun pagi dan melihat sunrise. Lokasi melihat pemandangan itu tidak terlalu jauh karena bahkan dari penginapan pun kami bisa melihat pemandangan indah itu. Matahari yang terbit di pantai menjadi moment yang tidak terlupakan.

Singkatnya, perjalanan pertamaku ke Pulau Pari bersama teman-temanku adalah perjalanan yang menyenangkan. Nanti jika ada kesempatan lagi, aku ingin berkunjung ke sana lagi bersama keluarga. Liburan indah yang menyenangkan dan patut untuk dikenang.

Text Recount Struktur dari Contoh

1. Orientasi

Struktur yang pertama dari recount text adalah orientation atau orientasi. Di bagian ini akan diceritakan mengenai latar belakang atau informasti tentang siapa, apa, di mana dan kapan peristiwa tersebut terjadi.

Pada contoh recount text bisa kita ambil orientasi di bagian : Pada bulan September lalu, aku liburan ke Pulau Pari. Bersama dengan Sarah, Eveline, Andi dan Yoko, menghabiskan waktu disana sangatlah menyenangkan dan menjadi moment yang pertama kali”

2. Events

Struktur kedua adalah events. Nantinya dari contoh recount text, Anda bisa melihat struktur events yang berisi tentang serangkaian peristiwa yang terjadi sesuai dengan kronologis yang ada. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat struktur ini pada contoh: “Perahu yang kami tumpangi berangkat pada pukul 08.00 pagi dari Pelabuhan Muara Angke ke Pulau Pari.

Setibanya disana pukul 10.00 pagi, kami memutuskan untuk pergi ke penginapan. Untungnya letak penginapan berada di dekat pelabuhan sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk sampai disana. Hal pertama yang kami lakukan adalah menyewa sepeda dengan harga Rp. 20.000 per harinya. Kami bersepeda dan makan siang terlebih dahulu sebelum snorkeling.”

3. Re-orientation

Struktur terakhir dari recount text adalah re-orientation. Pada struktur ini, Anda bisa melihat penutup atau kesimpulan dari suatu cerita. Biasanya penulis juga akan memberi opini tentang cerita tersebut. re-orientation bisa Anda lihat pada bagian:

“Singkatnya, perjalanan pertamaku ke Pulau Pari bersama teman-temanku adalah perjalanan yang menyenangkan. Nanti jika ada kesempatan lagi, aku ingin berkunjung ke sana lagi bersama keluarga. Liburan indah yang menyenangkan dan patut untuk dikenang”

Dari contoh recount text ini ada bagian-bagian yang disebut orientasi, events dan reorientasi. Selain struktur, Anda bisa melihat ciri dari teks ini adalah adanya kalimat masa lampau, penggunaan adverb dan juga adverbial phrase serta conjunction ataupun time connectives.